Kelas Maya



Apa itu Kelas Maya?


A. Pengertian Kelas Maya (Virtual Class)
Virtual class dalam arti bahasanya adalah kelas virtual atau kelas maya. sedangkan
menurut istilah adalah sebuah lingkungan belajar yang ada hanya dalam konten digital yang
disimpan, diakses dan dipertukarkan melalui jaringan komputer dan sistem informasi, sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja.


Manfaat Edmodo sebagai Social Learning Network
Edmodo adalah platform media sosial yang sering digambarkan sebagai Facebook untuk sekolah
dan dapat berfungsi lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Edmodo merupakan aplikasi
yang menarik bagi guru dan siswa dengan elemen sosial yang menyerupai Facebook, tapi
sesungguhnya ada nilai lebih besar dalam aplikasi edukasi berbasis jejaring sosial ini.
Edmodo (dirancang oleh pendidik) yang juga berbasis cloud kolaborasi merupakan aplikasi
yang cukup aman digunakan oleh guru dan siswa. Seorang guru, sekolah, kabupaten/kecamatan
dapat dengan mudah mengelola sebuah sistem yang menyediakan fitur terbaik dan praktis
menghilangkan kecemasan kita terhadap aktivitas yang biasa siswa lakukan dengan internet
khususnya facebook.



Pemanfaatan Edmodo Untuk Pembelajaran
Edmodo seperti media pembelajaran lainnya, bisa menjadi hanya sebuah platform online
untuk mendorong pembelajaran guru, atau dapat menjadi cara lebih kreatif untuk melibatkan
para siswa dalam pembelajaran kolaboratif dan kognisi terdistribusi (Jenkins). Edmodo bukanlah
jawaban untuk setiap kelas tetapi yang terpenting adalah platform ini memberikan aspek penting
dari sebuah lingkungan belajar yang positif. Platform ini memberikan siswa jalur untuk
berinteraksi dengan rekan-rekan mereka dan guru mereka dalam suasana akademis. Lebih jauh
lagi penggunaan platform ini dapat mengajarkan siswa untuk bagaimana berperilaku secara
online dan bertanggung



Fitur-Fitur Edmodo
Dibandingkan dengan media sosial maupun LMS lainnya, edmodo memiliki beberapa
kelebihan sebagai berikut:
1. Mirip facebook, mudah digunakan.
2. Closed group collaboration: hanya yang memiliki group code yang dapat mengikuti kelas.
3. Free, diakses online, dan tersedia untuk perangkat smart phone (android dan Iphone).
4. Tidak memerlukan server di sekolah.
5. Dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
6. Edmodo selalu diupdate oleh pengembang.
7. Edmodo dapat diaplikasikan dalam satu kelas, satu sekolah, antar sekolah dalam satu
kota/kabupaten.
8. Edmodo dapat digunakan bagi siswa, guru, dan orang tua.
9. Edmodo digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan model sosial media, learning
material, dan evaluasi.
10. Edmodo mendukung model team teaching, co-teacher, dan teacher collaboration.
11. Terdapat notifikasi
12. Fitur Badge dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi siswa.

Pendaftaran Guru
Membuat akun di edmodo sangat mudah, kunjungi www.edmodo.com lalu pilih tombol
“I’m a Teacher” untuk membuat akun baru sebagai seorang guru. Isi form pendaftaran dengan
data-data yang valid, lalu pilih tombol Sign Up sebagai pelengkap proses pendaftaran. Anda
kemudian akan menerima konfirmasi pendaftaran melalui email, disertai petunjuk langkah
selanjutnya untuk mengatur akun edmodo Anda.


Gambar 2. 2 Tampilan Awal Edmodo
Gambar 2. 3 Tampilan Halaman Pendaftaran






Pengaturan Akun
Dari halaman pengaturan akun, Anda dapat mengatur untuk mendapatkan
pemberitahuan/notifikasi, mengatur keamanan, dan mengatur informasi profil. Untuk pergi ke
pengaturan tersebut, silakan pilih “Account” yang berupa menu drop down yang terdapat di pojok
atas sebelah kanan halaman depan edmodo Anda. Kemudian pilih Setting.



Account
Pada halaman Account Anda dapat melakukan hal berikut:
a. Pada halaman ini anda dapat mengubah foto profil Anda dengan mengunggah foto dari
komputer pribadi atau menggunakan tombol Upload a new photo.
b. Mengubah informasi pribadi. Anda dapat menambahkan atau merubah alamat email, title,
nama, country dan timezone Anda.
c. Menentukan profile URL anda.
d. Menentukan sekolah Anda. Anda dapat memilih untuk terhubung dengan sebuah sekolah
atau mengubahnya. Dalam hal ini jika Anda logged in melalui subdomain sebuah sekolah
misalnya “seamolec.edmodo.com”, Anda membutuhkan kode sekolah untuk berganti ke
sekolah yang berbeda lainnya.
e. Jika Anda ingin me-nonaktifkan akun Edmodo anda, klik “Deactivate your account”.
 








Mode Notifikasi
Pada halaman ini anda dapat menentukan notifikasi dengan cara memilih menu drop
down notifikasi untuk menentukan mode notifikasi. Terdapat tiga pilihan yaitu tanpa notifikasi
(none), notifikasi melalui email atau SMS/teks.
1) Jika Anda memilih notifikasi melalui email, artinya setiap pembaharuan aktivitas yang ada di
akun edmodo Anda akan diberitahukan melalui email.
2) Jika Anda memilih notifikasi melalui teks, maka pemberitahuan akan dikirimkan melalui SMS
ke HP Anda. Namun dalam hal ini baru penyedia layanan selular di wilayah Amerika saja yang
bisa sedangkan di Indonesia belum. Untuk itu jika Anda memilih ingin adanya pemberitahuan,
maka pilihlah notifikasi melalui email.
Tipe notifikasi
Anda dapat memilih tipe pemberitahuan yang akan diterima dengan cara memberi tanda
centang di kotak terhadap satu atau beberapa pilihan diantaranya:
1) Alerts :setiap ada tanda atau indikasi peringatan
2) Notes :setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan notes
3) Direct message :setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan pesan pribadi
4) Replies :setiap ada anggota kelas yang membalas notes dari anggota lainnya.
5) New group members :setiap ada anggota baru di kelas Anda
6) Group join request :setiap ada permintaan untuk ikutserta di grup kelas/mata
pelajaran/kelompok kerja yang ada di edmodo Anda.
7) Connections requests :setiap ada permintaan pertemanan.

Password
Anda dapat mengubah kata sandi (password) anda dengan kata sandi yang baru.





Privacy
Anda dapat memilih untuk mem-blok semua permintaan koneksi/pertemanan atau
membuat profile Anda dapat dilihat oleh jejaring pertemanan pribadi Anda dengan cara
mencentang pengaturan sesuai dengan yang diinginkan.
Apabila Anda ingin halaman publik Anda terbatas, maka Anda akan memilih “Only show
profile to my connection”. Caranya adalah dengan memberikan tanda centang di bagian “Only
show profile to my connection”. Selain itu Anda juga dapat menampilkan tingkatan kelas dengan
cara yang sama yaitu mencentang pada bagian “Show grade level on profile” kemudian dan klik
tombol “Save Privacy Setting”.

 






Profile Overview
Pilihan Anda dalam privacy mempengaruhi tampilan public profile (halaman profil Anda
yang dapat diakses umum). Secara default, apabila Anda tidak mengatur setting privacy, maka
halaman public profile Anda akan menampilkan lebih banyak informasi mengenai rekan-rekan
Anda yang terhubung dengan Anda dan juga komunitas yang Anda ikuti.


Communities
Menginformasikan jumlah komunitas yang telah anda buat/ikuti.
Show All Connections
Menampilkan seluruh koneksi teman yang telah join.
Invite Other Teachers
Permintaan untuk mengundang guru lain agar join di Edmodo.
Keluar akun dapat anda lakukan dengan cara klik Logout pada akun anda.






PEMBUATAN DAN PENGATURAN KELAS DALAM EDMODO
A. Kelas Maya (Group) dalam Edmodo

Untuk membuat kelas maupun sebuah kelompok belajar, edmodo menyediakan fitur
Group yang hanya dapat diakses melalui grup code tertentu. Grup code diatur secara unique atau acak




Pembuatan Kelas dalam Edmodo
Langkah-langkah pembuatan kelas dalam edmodo adalah sbb:
1. Perhatikan pada panel Group yang ada di sebelah kiri halaman depan edmodo Anda, lalu klik
Create.
2. Muncul jendela Create Group. Isikan data kelas yang akan Anda buat. Misal seperti contoh di
bawah adalah mata pelajaran “Matematika” untuk kelas 10. Dengan kata lain, Anda bisa
membuat kelas lain apabila Anda mengajar pada beberapa kelas ataupun kelas paralel. Klik
Create apabila telah selesai.
1.   Setelah itu anda akan dibawa ke halaman kelas baru anda seperti di bawah ini:


Pembuatan Kelompok Belajar (Small Group) dalam Kelas (Group)
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pembuatan kelompok-kelompok belajar kecil
di dalam edmodo dimaksudkan supaya Anda dapat mengelola aktivitas siswa dengan lebih baik.
Untuk membuat kelompok tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sbb:
1. Pilih menu Small Group di halaman member di sebelah kiri halaman Anda.
2. Klik tombol Create a Small Group sehingga muncul halaman baru.
3. Tuliskan nama kelompok belajar yang akan Anda buat, kemudian klik create.
4. Secara default, pemilik kelas (group’s owner) dan co-teacher akan otomatis menjadi anggota dari
kelompok belajar. Akan tetapi, Anda dapat memilih siapa yang akan menjadi anggota dari kelompok dari
daftar Available Members dengan cara klik add member pada kolom member di group yang telah
dibuat.







5. Anda bisa mengatur group yang sudah dibuat dengan cara klik manage di sebelah kiri kemudian kita
bisa melakukan perintah Rename untuk merubah nama group, Description untuk merubah deskripsi,
Archive untuk membuat arsip dan Delete untuk menghapus group.
MANAJEMEN KONTEN DALAM EDMODO
Edmodo mendukung pengelolaan aktivitas pembelajaran melalui pola interaksi
(komunikasi) sesuai dengan sosial media, materi belajar (learning materials), dan juga berbagai
model evaluasi.

Menggunakan Library Items
a. Mengunggah Bahan Ajar
Untuk dapat memanfaatkan Library, Anda cukup klik link Library yang ada pada
navigation bar. Secara otomatis anda akan masuk pada menu bar Library Items. Kemudian Anda
dapat menambahkan bahan ajar dengan cara klik tombol Add to Library pada menu di bagian
kanan. Bahan ajar Anda baik yang berupa elektronik file, maupun berupa referensi dari situs yang
lain (gambar, dokumen, video, audio, dsb) yang telah diupload akan langsung ditampilkan (a).
Data tersebut bisa Anda sortir untuk ditampilkan dengan cara klik menu drop down Filter by (b).
Anda juga dapat melihat tampilan dalam bentuk details atau thumbnails dengan klik view (c).
Ketika mengunggah bahan ajar Anda hanya perlu klik tombol Add to Library. Kapasitas
Library Anda tidak terbatas, tetapi setiap konten yang Anda unggah, haruslah berukuran
maksimal 100 MB. Sesuai gambar di sebelah kiri (warna merah), apabila Anda ingin mengunggah
konten (file elektronik) dari komputer Anda, maka Anda pilih menu Files, kemudian klik tombol
upload hingga selesai kemudian klik tombol Add.





Sharing Bahan Ajar ke Folder Lain
Sharing/memberikan materi Anda pada kelas/kelompok tertentu tidak, akan tetapi Anda
diharapkan dapat sharing materi Anda pada saat yang tepat, sesuai dengan instruksi yang Anda
berikan pada siswa Anda.
Selain untuk sharing, dengan memasukkan bahan ajar ke dalam folder dapat Anda
bedakan untuk tiap pertemuan atau berdasarkan topik-topik yang akan Anda diskusikan. Untuk
mengelompokkan bahan ajar ke dalam folder Anda hanya perlu untuk beri tanda centang untuk
setiap bahan ajar yang akan Anda pindahkan ke folder. Anda dapat pilih (centang) beberapa file
sekaligus.
Gambar




\



Membagikan Folder
Setelah Anda membuat folder, Anda dapat dengan mudah berbagi dengan Group Anda.
Langkah-langkahnya adalah:
1) Klik Library ikon di toolbar atas
2) Klik Folder di sebelah kiri panel
3) Klik Folder yang akan dibagikan
4) Klik Folder option di halaman atas
5) Pilih group yang Anda ingin share folder tersebut hingga tercentang
6) Klik di luar menu Folder option, kemudian lihat di group mana anda meletakkan folder

Delete Folder
Sebagai informasi, apabila Anda meletakkan file dalam folder, maka Anda sebenarnya
melakukan duplikasi, yaitu file pertama Anda letakkan tanpa diatur dalam folder, sedangkan yang
kedua Anda telah atur dalam folder. Oleh karena itu Anda disarankan membuat folder t
dahulu dan langsung memasukkan konten tersebut ke dalam folder sehingga tidak terjadi
duplikasi.
Apabila Anda ingin menghapus folder
bisa jadi folder tersebut berisi file yang masih Anda butuhkan.
ikut menghapus file didalamnya. Caranya adalah
Delete.
Pendaftaran Siswa
Sebelum siswa mendaftar dan mendapatkan akun di edmodo, mereka harus dibekali 6
digit kode group dari guru mereka. Sekali mereka mendapatkan kode grup ini, mereka dapat
dengan mudah membuat akun di edmodo dengan memilih tombol I’m a Student.



Baris pertama dalam form pendaftaran siswa akan menanyakan 6 digit kode grup yang
harus diisikan. Setelah itu siswa harus mengisi nama siswa (username) dan sandi (password) yang
bersifat unik. Dalam hal ini sarankan siswa untuk menggunakan nama depan ditambahkan sesuai
yang unik dibelakangnya. Untuk baris first name dan last name, siswa harus mengisikan namamereka yang sesungguhnya. Dalam pendaftaran sebagai siswa ini, alamat email tidak diharuskan
diisi sehingga dapat diisi atau dikosongkan saja. Akan tetapi, akan lebih baik jika email tetap diisi
dengan email siswa sehingga setiap notifikasi dari edmodo juga akan dapat terkirim ke email
siswa.
Setelah semua baris telah diisi, silakan pilih tombol sign up sehingga pendaftaran dapat
diproses. Sehingga aan tampil halaman beranda siswa berikut

Keterangan :
a. Home atau beranda.
b. Progress atau kemajuan siswa.
c. Backpack atau ransel adalah tempat untuk siswa membaca materi atau media lain yang
membantu siswa dalam belajar.
d. Pencarian, siswa dapat melakukan pencarian terhadap posts, groups, users dll.
e. Notifications atau pemberitahuan.
f. Me, adalah akun pengguna atau siswa untuk melakukan pengubahan profil siswa sendiri.
g. Akun user atau siswa sama dengan menu Me.
h. Groups, siswa dapat melihat atau menambahkan groups pada form tersebut.
i. Parent Code merupakan kode yang nantinya akan diberikan kepada orang tua.
j. Siswa dapat memasang note hal-hal yang berkaitan dalam pelajaran dan akan dilihat oleh
pengguna lain, agar dapat bersama-sama memecahkan suatu permasalahan.
k. Suatu wadah yang menampung beberapa posting dari pengguna lain, groups, maupun tugastugas
yang diberikan oleh guru.
l. Planner atau perencanaan yang tampil seperti kalender


Setting Profil Siswa
Ketika pertama kali siswa menggunakan edmodo, mereka diharapkan untuk mengubah
profil mereka. Cara melakukan setting profile untuk halaman siswa sama dengan yang dilakukan
pada halaman guru yaitu dengan klik tombol account pada navigation bar, kemudian pilih setting.
Pada halaman ini, siswa diharapkan mengubah foto, mengisi identitas diri, dan set notifications ke
email mereka masing-masing.



1.      Account

Pada halaman ini anda dapat mengubah foto profil Anda dengan mengunggah foto dari
komputer pribadi atau menggunakan tombol Upload a new photo. Mengubah informasi pribadi.
Anda dapat menambahkan atau merubah alamat email, nama, country dan timezone Anda.
Setelah selesai klik mengatur Save.

Password
Anda dapat mengubah kata sandi (password) anda dengan kata sandi yang baru.Mulai beraktivitas dengan Edmodo
Hal yang dilakukan oleh siswa pertama kali setelah ia melakukan setting adalah membaca
note yang diberikan oleh Guru. Untuk itu, sangat penting apabila Anda telah menyiapkan posting
yang berisi sapaan dan juga informasi bagaimana edmodo dapat berperan dalam pembelajaran
yang Anda laksanakan. Berikut merupakan salah satu contoh note/posting pertama Anda yang
akan dibaca siswa.

Membaca Materi Belajar
Sesuai arahan yang telah Anda berikan dengan menggunakan note, maka siswa Anda
arahkan untuk membaca materi belajar yang telah Anda siapkan.Siswa dapat mengakses materi
belajar tersebut pada panel sebelah kanan. Folder berisi materi yang telah Anda buat dalam
Library menentukan bahan-bahan yang harus dibaca siswa.



Manajemen Guru
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa dalam pengelolaan kelas Anda dapat
mengajak rekan Anda untuk menjadi mitra Anda dalam mengajar (menjadi co-teacher), ataupun
mengajak mitra Anda menjadi pengamat dalam kelas Anda.

Penilaian Tugas
Anda dapat melihat siapa saja yang telah mengerjakan tugas dari notifikasi dengan cara
klik ikon dan melihat detail notifikasi tersebut:
Apabila salah satu notifikasi tersebut di klik, misalnya tugas siswa, maka Anda akan
mendapatkan informasi berikut.

Melihat Penilaian
Untuk dapat melihat penilaian baik kuis maupun tugas, siswa dapat melihatnya di
halaman depan edmodo mereka. Sebagai contoh dalam tampilan berikut ini siswa mendapatkan
nilai 80 untuk tugas mereka, sedangkan untuk kuis mereka mendapatkan nilai 65 dari 5 soal yang
disediakan.

Etika Menggunakan Edmodo
Akan sangat penting bagi siswa untuk mengetahui apa saja yang boleh dan apa saja yang
tidak boleh dilakukan di kelas virtual edmodo. Untuk itu pada saat awal sebelum memulai kelas,
Anda dapat menginformasikan etika dan tata cara menggunakan edmodo yang baik, contoh
sebagai berikut:
Kelas
Jika ada posting yang kurang baik dalam kelas, siswa diharapkan segera menginformasikannya
kepada guru. Untuk penulisan sebaiknya:
a. Diharapkan tidak menggunakan bahasa gaul
b. Jangan menulis menggunakan huruf kapital untuk seluruh kalimat
c. Jangan mengakhiri kalimat dengan banyak tanda seru!!!! dan tanda tanya ????

Fitur Penulisan Persamaan Matematika di Edmodo
Ketika Anda mengajarkan mata pelajaran Matematika, Fisika atau Kimia yang
membutuhkan rumus perhitungan, maka Edmodo mendukung untuk penulisan Mathematic
Equation. Berikut salah satu contoh untuk membuat Mathematic Equation dan memasukkan
dalam edmodo.
1. Buka halaman http://webdemo.visionobjects.com/equation.html. Kemudian klik WebEquation
                 
Mendapatkan Parent Code
Akun ini merupakan sebuah langkah yang bagus untuk menginformasikan aktivitas
belajar, tugas, nilai siswa kepada orangtua/wali mereka. Proses registrasi orang tua hampir sama
dengan proses registrasi siswa, dengan satu tambahan keamanan yaitu setiap orang tua/wali
membutuhkan kode parent yang unik untuk registrasi. Hal ini untuk memastikan bahwa hanya
orang tua yang bisa berinteraksi dengan guru dan siswa/anak mereka. Untuk mengetahui kode
parent dapat diperoleh dari,
1. Akun Siswa
Orang tua/wali bisa mendapatkan parent code dari halaman edmodo siswa pada panel
sebelah kiri. Setelah mendapatkan parent code tersebut, orang tua/wali dapat mendaftar melalui
halaman depan edmodo.com.
Gambar




Akun Guru
Untuk mendapatkan akun parent sehingga dapat diinformasikan pada saat pertemuan
dengan wali murid, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:
a. Pilih kelas dimana siswa terdaftar
b. Pilih members di bagian daftar anggota grup di sebelah kiri.

Pembuatan akun orangtua/wali
Untuk pembuatan akun Orang Tua / Wali, pertama orangtua/wali mengakses
www.edmodo.com lalu pilih tombol I’m a Parent yang ada dibawah tombol pendaftaran guru dan
siswa. Isi halaman registrasi dengan menyertakan kode unik orangtua/wali yang diperoleh dari
guru maupun dari putra-putrinya, disamping itu harus diisi hubungan orangtua/wali dengan
siswanya (misal sebagai ayah, ibu, dll) beserta alamat email yang valid.
Gambar 2.

Tampilan akun orang tua/wali
Di halaman depan akun masing-masing, orangtua/wali dapat melihat:
1. Aktifitas yang dilakukan oleh putra-putrinya dari dashboard halaman utama yaitu
mengenai Assignment Due yang berisi daftar tugas yang harus dikerjakan putra-putrinya,
Late Assignment yang berisi daftar tugas yang terlambat dikerjakan, New Grade berisi
nilai terbaru yang diterima putra-putrinya, Upcoming events berisi kegiatan yang akan
dilaksanakan di sekolah termasuk jadwal ujian, kegiatan di kelas, kegiatan di sekolah, dll,
dan yang terakhir adalah Assignment comments yang berisi umpan balik (komentar) dari
guru terhadap tugas siswa.
2. Melihat pengumuman, informasi, atau instruksi dari guru
3. Melihat putra-putrinya dengan klik profile dan Grades.
4. Melihat daftar guru yang mengajar putra-putrinya.







Jika mereka punya lebih dari satu putra/putri yang memanfaatkan edmodo, mereka
tinggal klik tombol Add a student di navigation bar, untuk memonitor putra/putrinya yang lain.
Orang tua juga dapat memanfaatkan Filter post by untuk melihat pesan yang diberikan ke masingmasing putra-putri mereka


Kalender/Planner
Fungsi kalender bagi orang tua adalah mereka dapat melihat kegiatan yang ada di kelas
maupun di sekolah dan juga tanggal terakhir pengumpulan tugas putra-putrinya. Secara otomatis
kalendar orang tua akan tersinkronisasi dengan kalender putra-putri mereka. Mereka dapat
memilih kalender dari siswa mana yang mereka lihat.


Melihat Penilaian
Orangtua dapat melihat pencapaian nilai ini berada di profile dan progress. Di halaman
Profile, orangtua dapat melihat Lencana/Badge yang diberikan oleh guru. Lencana ini adalah
penghargaan tententu atas pencapaianya dalam berbagai hal. Untuk melihat secara detail klik see all.

Setting
Dari bagian halaman pengaturan, orangtua dapat mendaftarkan emailnya untuk dapat
dikirimkan pemberitahuan/notifikasi untuk setiap tugas, pesan dan peringatan dari guru.
Orangtua juga dapat menrubah foto profil dan juga alamat email dan password jika diperlukan.
Untuk mengaksesnya sama dengan mengubah pengaturan di bagian guru/siswa. Cara
mengoperasikan menu setting adalah:
1. Klik Account pada sisi kanan atas
2. Pilih Setting , kemudian akan muncul beberapa menu antara lain Account, Email & Text update
dan Password
3. Menu Account memuat fungsi untuk merubah email, nama, negara dan timezone kemudian
jika sudah selesai mengisi klik Save Personal Info
4. Menu Email & Text update memuat fungsi untuk mengatur notifikasi, centang notifikasi apa
saja yang akan kita pilih kemudian klik Save notifications.
5. Menu Password memuat fungsi untuk mengganti password akun anda , setelah selesai mengisi
kemudian klik Save Password.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar